Kamis, 07 Maret 2013


Kisi-Kisi UAMBN Madrasah Tsanawiyah

1.  Al-Qur’an-Hadis  (Madrasah Tsanawiyah)
NO
STANDAR  KOMPETENSI
KELULUSAN
INDIKATOR
1.
Memahami dan mencintai Al-Qur’an dan  Hadis  sebagai pedoman hidup
·    Menjelaskan pengertian alquran
·    Disajikan ayat QS.al-Baqarah 185, siswa dapat menunjukkan salah satu fungsi Al-Qur’an
·    Disajikan matan hadis, siswa dapat menunjukkan salah satu fungsi hadis
·    Menunjukkan cara memfungsikan Al-Qur’an dan hadis dalam kehidupan sehari-hari
·    Disajikan ilustrasi, siswa dapat menunjukkan contoh penerapan al-qur,an sebagai pedoman hidup
·    Menunjukkan salah satu perilaku orang yang mencintai Al-Qur’an
2.
Meningkatkan pemahaman Al-Qur’an Al- Fatihah, dan QS.-QS. pilihan yang telah dihafal di SD/MI melalui upaya penerapan cara membacanya, menangkap maknanya, memahami kandungan isinya, dan mengaitkannya dengan fenomena kehidupan
·    Menunjukkan ayat dalam QS. An-Nas yang mengandung tauhid   rububiyah 
·    Menunjukkan ayat dalam QS. al-Fatihah yang mengandung tauhid   Uluhiyah
·    Disajikan salah satu ayat dalam QS. al-Fatihah, siswa dapat menunjukkan contoh penerapan ayat tersebut dalam kehidupan sehari-hari
3.
Memahami dan menerapkan tajwid
·    Disajikan potongan ayat, siswa dapat menunjukan hukum bacaan qalqalah
·    Disajikan potongan ayat, siswa dapat menentukan contoh bacaan ra’ tarqiq
·    Menujukkan contoh hukum bacaan Idzhar halqi
·    Disajikan salah satu ayat dari surah Al-Zalzalah, siswa dapat menunjukkan hukum bacaan Nun mati atau tanwin
·    Menunjukkan hukum bacaan ikhfa syafawi
·    Disajikan potongan ayat siswa dapat menentukan hukum bacaan idhgham mutamassilain
·    Disajikan beberapa contoh hukum bacaan mim sukun, siswa menunjukkan hukum bacaan idzhar syafawi
·    Menerjemahkan salah satu ayat dari QS. an-Nashr
·    Disajikan salah satu ayat dari QS. an-Nashr,  siswa dapat menunjukkan isi kandungannya
·    Menjelaskan asbabun nuzul QS. al-Lahab
·    Menunjukkan sikap yang harus dihindari menurut QS. al-Lahab
·    Menunjukkan ayat dalam QS. al-kafirun tentang tasamuh atau toleransi
·    Menerjemahkan salah satu ayat  Q.S al-Kafirun
·    Menjelaskan asbabun Nuzul QS. al-kafirun
·    Menjelaskan sikap fanatik orang-orang kafir menurut QS. al-Bayyinah 1 - 2
·    Disajikan potongan ayat yang mengandung bacaan mad silah thawilah, siswa dapat menentukan panjang bacaan madnya
·    Menentukan contoh bacaan mad silah qasirah
·    mengidentifikasi hukum bacaan mad lazim Mukhaffaf kilmi
·    Disajikan salah satu ayat dari  QS. Al Kausar, siswa dapat menentukan arti dari salah satu lafadz yang ada di dalamnya 
·    Menentukan Satu lafal dari QS. Al-Kausar yang mengandung sikap kepedulian sosial
·    Menentukan orang-orang yang termasuk pendusta agama menurut surah al-Maun
·    Menjelaskan keterkaitan QS. al-kautsar dengan QS. al-Maun
·    Menunjukkan fenomena  pada saat terjadinya hari kiamat menurut surah al-Qari’ah
·    Disajikan terjemah salah satu ayat dalam surah al-Qariah, siswa dapat menentukan lafal ayatnya
·    Menunjukkan contoh penerapan kandungan surah al-Qariah dan az-Zalzalah dalam kehidupan
·    Menyebutkan orang-orang yang tidak mengalami kerugian menurut QS. al-Ashr
·    Menjelaskan isi kandungan dari salah satu QS. al-Ashr
·    Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan isi kandungan QS. al-Alaq
4.
Menghafal dan memahami makna hadis-hadis yang terkait dengan tema isi kandungan QS. atau ayat sesuai dengan tingkat perkembangan anak
·    Disajikan potongan hadis tentang tolong menolong, siswa dapat menerjemahkannya
·    Disajikan potongan hadis tentang mencintai anak yatim, siswa dapat melanjutkannya
·    Disajikan matan hadis tentang mencintai anak yatim secara acak, siswa dapat menyusunnya
·    Disajikan potongan hadis tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat, siswa dapat menentukan arti dari salah satu lafadz yang terdapat di dalamnya.
·    Menujukan  sikap hidup yang sesuai dengan isi kandungan hadis riwayat ibnu Asakir tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat

·    Disajikan hadis riwayat ibnu asakir tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat, siswa dapat melanjutkannya
·    disajikan matan hadis riwayat Muslim  tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat ,siswa dapat menyusunnya
·    Disajikan potongan hadis riwayat at-tirmidzi tentang  menjaga dan melestarikan lingkungan alam, siswa dapat melanjutkannya
·    Disajikan matan hadis riwayat ibnu majah tentang  menjaga dan melestarikan lingkungan alam secara acak, siswa dapat menyusunnya
·    Disajikan matan hadis riwayat al-Bazar, tentang  menjaga dan melestarikan lingkungan alam, siswa dapat menyimpulkan isi kandungannya
·    Disajikan potongan hadis tentang , siswa dapat menentukan arti dari salah satu lafadz yang terdapat di dalamnya.
·    Disajikan Hadis  tentang ciri iman dan ibadah yang diterima Allah, siswa dapat melanjutkannya
·    Menunjukkan contoh amalan dalam kehidupan yang sesuai dengan  Hadis  tentang ciri iman dan ibadah yang diterima Allah.

2.  Fikih (Madrasah Tsanawiyah)
NO
STANDAR  KOMPETENSI
KELULUSAN
INDIKATOR
1.
Memahami ketentuan hukum Islam yang berkaitan dengan ibadah mahdloh dan muammalah serta dapat mempraktekkan dengan benar dalam kehidupan sehari-hari tentang melaksanakan ketentuan taharah, tata cara salat fardu, sujud sahwi, tata cara azan, iqomah, salat berjamaah, tata cara berzikir dan berdoa setelah salat
·     Menunjukkan macam-macam najis.
·     Ketentuan-ketentuan wudhu.
·     Cara bertaharah dari hadas.
·     Menentukan syarat salat.
·     Bacaan salat
·     Menentukan hukum gerakan salat
·     Menentukan jawaban lafald azan.
·     Menentukan dalil  tentang keutamaan salat berjamaah
·     Menentukan cara mengingatkan imam yang lupa.
·     Menentukan adab berdoa
·     Menentukan arti lafadz zikir 
2.
Memahami ketentuan hukum Islam yang berkaitan dengan ibadah mahdloh dan muammalah serta dapat mempraktekkan dengan benar dalam kehidupan sehari-hari tentang melaksanakan tata cara salat wajib selain salat lima waktu, tata cara salat jamak, qasar, jamakqasar, salat dalam  keadaan darurat. salat sunah muakad dan  gairu muakad
·     Menentukan syarat salat jum’at
·     Menentukan salah satu sebab diperbolehkannya tidak salat jumat.
·     Menunjukkan hukum salat jenazah.
·     Menentukan bacaan salat jenazah.
·     Menentukan salah satu sebab diperbolehkannya salat jamak
·     Menentukan cara melakukan salat jamak
·     Menentukan salah satu cara salat dalam keadaan sakit
·     Menentukan keutamaan salat sunah muakad
·     Menentukan jumlah rekaat salat sunah
·     Menentukan salat sunah gairu muakad
3.
 Memahami ketentuan hukum Islam yang berkaitan dengan ibadah mahdloh dan muammalah serta dapat mempraktekkan dengan benar dalam kehidupan sehari-hari tentang melaksanakan tata cara sujud diluar salat, tata cara sujud luar salat, tata cara zakat
·     Menentukan hukum sujud syukur
·     Menentukan bacaan sujud tilawah
·     Menunjukkkan syarat puasa
·     Menentukan macam puasa sunah
·     Menentukan nishab  zakat maal
·     Menentuan mustahiq zakat
4.
Memahami ketentuan hukum Islam yang berkaitan dengan ibadah mahdloh dan muammalah serta dapat mempraktekkan dengan benar dalam kehidupan sehari-hari tentang melaksanakan ketentuan pengeluaran harta diluar zakat, haji, dan umrah makanan
·     Menunjukkkan contoh sedekah
·     Menentukan contoh hadiah.
·     Menentukan persamaan sedekah, hibah dan hadiah
·     Menentukan syarat haji.
·     Membedakan haji dan umrah
·     Menentukan macam-macam haji
·     Menunjukan contoh jenis makanan halal.
·     Menyimpulkan dalil tentang makanan haram
·     Menentukan sebab-sebab diharamkannya makanan
·     Menentukan alas an minuman haram
5.
Memahami ketentuan hukum Islam yang berkaitan dengan ibadah mahdloh dan muammalah serta dapat mempraktekkan dengan benar dalam kehidupan sehari-hari tentang memahami tata cara penyembelihan, kurban,  akikah, mu’amalah diluar jual beli, tata cara perawatan jenazah dan ziarah kubur
·     Menentukan syarat-syarat penyembelihan
·     Menentukan tujuan qurban
·     Menentukan cara membagikan daging Akikah.
·     Menentukan waktu pelaksanaan akikah
·     Menentukan jenis jual beli.
·     Menentukan khiyar
·     Menentukan hukum pinjam meminjam.
·     Menentukan hukum utang piutang
·     Menyebutkan ketentuan mengkfani jenazah.
·     Menentukan adab saat melakukan takziah.
·     Menentukan bagian yang diterima oleh ahli waris.

3.  Akidah Akhlak  (Madrasah Tsanawiyah)
NO
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
INDIKATOR
1.
Memahami dasar dan tujuan akidah Islam
·      Menentukan kedudukan salah satu dasar akidah Islam
·      Menunjukkan manfaat mempelajari akidah Islam
2.

Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat-Nya, dan menerapkan akhlak terpuji kepada Allah
·      Menunjukkan dalil tentang sifat Allah yang terkandung di dalam ayat Al-Qur’an
·      Menunjukkan bukti bahwa Allah memiliki sifat wajib bagi Allah SWT
·      Menunjukkan arti sifat wajib bagi Allah
·      Menunjukkan lawan kata sifat wajib Allah
·      Menunjukkan bentuk dan contoh-contoh perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat
3.
Memahami al-Asma al-Husna, dan Meningkatkan keimanan kepada malaikat-malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib selain malaikat
·       Menyebutkan nama Allah berdasarkan peristiwa yang terjadi
·       Menunjukkan bahwa Allah bersifat al-‘Aziiz, al-Ghaffar, al-Basith, an-Nafi’, ar-Ra`uf, al-Barr, al-Ghaffar, al-Fattah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
·       Menunjukkan bukti adanya malaikat dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan
·       Menunjukkan tugas-tugas para malaikat Allah SWT
·       Menunjukkan perilaku orang yang meneladani sifat malaikat dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan
4.
Menghindari akhlak tercela kepada Allah
·        Menjelaskan  pengertian riya' dan nifaaq
·        Menunjukkan contoh perbuatan riya dan nifaaq
5.
Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab Allah SWT
·       Menyebutkan  nama kitab Allah yang diturunkan kepada utusan-Nya
·       Menunjukkan nama lain dari al-Qur`an yang terkait dengan fungsinya
·       Menunjukkan fungsi al-Qur`an sesuai dengan ayat yang disajikan
·       Menunjukkan salah satu isi kandungan Al-Qur`an
·       Menunjukkan cara mencintai al-Qur`an
6.
Menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri,dan menghindari akhlak tercela kepada diri sendiri
·       Menyebutkan  pengertian tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
·       Menunjukkan contoh perilaku tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
·       Menunjukkan nilai positif dari sabar dalam fenomena kehidupan
·       Menunjukkan ciri sikap ananiyah dan takabbur
·       Menunjukkan karakter orang yang tamak dan  putus asa
·       Menunjukkan dampak negatif tamak dan ananiah

7.
Meningkatkan keimanan kepada rasul Allah, dan Memahami mu’jizat dan kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash)
·      Menyebutkan  pengertian  sifat yang tidak dimiliki rasul Allah
·      Menunjukkan pengertian sifat-sifat wajib rasul
·      Menunjukkan pengertian mu’jizat dan karamah
·      Menunjukkan contoh mu’jizat dan kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash)
8.
Menerapkan akhlak terpuji kepada sesama dan menghindari akhlak tercela kepada sesama
·      Menyebutkan  pengertian husnuz zhan, tawadhu, tasamuh, dan ta’awun
·      Menunjukkan ciri perilaku husnuz zhan, tawadhu, tasamuh, dan ta’awun
·      Menunjukkan pengertian hasad, dendam, ghibah, fitnah, dan namimah
·      Menunjukkan contoh sikap hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah
·      Menunjukkan cara menghindari hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimah
9.
Meningkatkan keimanan kepada hari akhir dan alam ghaib yang masih berhubungan dengan hari akhir, dan menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri
·      Menunjukkan maksud ayat tentang alam ghaib
·      Menunjukkan tanda-tanda hari kiamat  sughra dan kubra
·      Menunjukkan istilah alam ghaib yang berhubungan dengan hari akhir
·      Menunjukkan contoh sikap beriman kepada hari akhir
·      Menunjukkan pengertian berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif
·      Menunjukkan contoh sikapberilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif
10.
Meningkatkan keimanan kepada Qadha dan Qadar serta menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
·      Menjelaskan pengertian Qadha dan Qadar dan memahami makna ayat
·      Menunjukkan perilaku yang menunjukkan sikap beriman kepada Qadha dan Qadar
·      Menunjukkan contoh perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
·      Menunjukkan contoh perilaku akhlak tercela dalam pergaulan remaja



4.  Sejarah Kebudayaan Islam  (Madrasah Tsanawiyah)

NO
STANDAR  KOMPETENSI
KELULUSAN
INDIKATOR
1.
Memahami sejarah kebudayaan Islam.
·       Menjelaskan pengertian sejarah kebudayaan Islam
·       Mengidentifikasi bentuk/wujud kebudayaan Islam
2.
Memahami Sejarah Nabi Muhammad SAW Periode Mekah.
·        Menjelaskan kondisi masyarakat Arab Pra Islam.
·        Menjelaskan  misi dakwah nabi Muhammad SAW Periode Mekah.

3.
Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW Periode Madinah.
·       Mendeskripsikan misi dakwah  nabi Muhammad SAW Periode Madinah.

4.
Memahami sejarah perkembangan Islam Pada Masa Khulafaurasyidin.
·       Mengidentifikasi berbagai prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin.

5.
   
Memahami Perkembangan Islam Pada Masa Bani Umayyah.

·      Menceritakan sejarah berdirinya Dinasti Umayyah.
·      Mengidentifikasi nama-nama lembaga pemerintahan pada masa Dinasti Umayyah.
·      Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim pada masa Dinasti Umayyah.
·      Mengidentifikasi khalifah yang mengantarkan
·      Dinasti Umayyah mencapai  masa kejayaan.
6.
 Memahami perkembangan Islam pada masa Dinasti Abasiyah
·    Menceritakan proses berdirinya Dinasti Abasiyah.
·    Mengidentifikasi  tokoh-tokoh  pendiri  Dinasti Abasiyah.
·    Mendeskripsikan berbagai kemajuan-kemajuan   kebudayaan Islapada masa Dinasti Abasiyah
·    Mengidentifikasi  tokoh  ilmuwan  muslim  bidanfilsafat pada masa Dinasti Abbasiyah.
·    Mengidentifikasi  tokoh-tokoh  ilmu kedokteran pada masa Dinasti  Abasiyah.
·    Mengidentifikasi  tokoh  ilmu fiqih pada masa Dinasti Abasiyah
·    Mengidentifikasi  tokoh  ilmu tafsir pada masa Dinasti Abasiyah.
7.
 Memahami perkembangan Islam Pada Masa Dinasti Ayyubiyah.

·    Menceritakan biografi singkat pendiri Dinasti Ayyubiyah.
·    Menjelaskan  sejarah  berdirinya  Dinasti  al- al-Ayyubiyah
·    Mengidentifikasi prestasi Salahudin al-Ayyubi bag perkembangan  kebudayaan Islam pada masa Dinasti Ayyubiyah
·        Menyebutkan salah satu usaha yang telah dilakukan oleh Salahudin al-Ayyubi  pada masa Dinasti Al Ayyubiyah

·    Menyebutkan salah satu  tokoh  ilmuwan  muslim  dalam kemajuan kebudayaan Islam pada masa Dinasti Ayyubiyah
8.
Memahami dan mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan Islam pada Masa Dinasti Ayyubiyah untuk Masa Kini dan yang akan datang.
·    Menjelaskan keterkaitan cara Shalahuddin al-Ayyubi dalam membentengi umat Islam dari Kristenisasi.
·    Menjelaskan ibrah dari perkembangan kebudayaan Islam pada masa Dinasti Ayyubiyah.
9.
Memahami     Perkembangan Islam di Indonesia
·    Menyebutkan bukti-bukti yang mendukung teori masuknya Islam ke Indonesia.
·    Me nyebutkan cara-cara masuknya Islam ke Indonesia.
·    Menyebutkan penyebab berkembangnya Islam di Indonesia.
10.
Memahami dan menyebutkan berdirinya  kerajaan –kerajaan Islam di Indonesia.




·      Menjelaskan sejarah kerajaan Samudra Pasai
·      Menjelaskan sejarah kerajaan Kerajaan Malaka
·      Menjelaskan masuknya Kerajaan Aceh
·      Menjelaskan sejarah kerajaan Demak
·      Menjelaskan sejarah kerajaan Banten
·      Menjelaskan  sejarah kerajaan Mataram
·      Menjelaskan  sejarah kerajaan Gowa Tallo
·     Menjelaskan sejarah kerajaan Ternate
11.
Memahami Tokoh-tokoh terkenal dalam  menyebarkan Islam  di
Indonesia
·   Menjelaskan peran tokoh Abdul Rauf Singkel
·   Menyebutkan tokoh-tokoh Walisongo
·   Menyebutkan karya yang terkenal dari tokoh-tokoh yang menyebarkan Islam di Indonesia.
·     Meneladani  perilaku  yang  baik  dari  tokoh  Abdul  Rauf Singkel.
·     Meneladani dan mengikuti sifat para Walisongo.
·   Meneladani sikap dari tokoh Muhammad Arsyad al- Banjari.
12.
Memahami tradisi dan adat di Indonesia.
·  Menjelaskan pengertian tradisi Nusantara
·  Menyebutkan contoh-contoh kesenian  dan adat Nusantara
13.
Memahami bentuk dan apresiasi antara Tradisi dan upacara Adat di Nusantara.
·     Menjelaskan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam
·     Menunjukkan contoh seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam
·     Menunjukkan bentuk apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara
·     Menjelaskan keterkaitan budaya lokal dengan tradisi Islam di Indonesia
·     Menunjukkan contoh kesesuaian antara tradisi dan adat yang bercorak Islam.
·     Menyebutkan contoh tadisi Islam yang berkembang di Indonesia.
·     Menyebutkan salah  satu contoh tradisi Islam di Indonesia.

5.  Bahasa Arab  (Madrasah Tsanawiyah)

NO
STANDAR  KOMPETENSI
KELULUSAN
INDIKATOR
1
Menulis dan melengkapi huruf hijaiyah, kata, frasa, dan kalimat tentang taaruf dengan tanda baca yang tepat
·      Disajikan dialog  melengkapi dialog dengan ungkapan yang tepat
2
Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang التعارف dengan tepat menggunakan kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر)
·      Menentukan kalimat tanya yang tepat tentang ta’aruf
3
Mengidentifikasi kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana meliputi kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر)    dan kata sifat (النعت) termasuk warna
·      Menentukan isim dhamir yang tepat
4
Menemu-kan informasi umum dan atau rinci dari wacana sederhana  tentang “مدرستى” dengan tepat dan benar 
·      Menentukan kata sifat yang tepat tentang أدوات مدرسية
5
Menulis dan melengkapi huruf hijaiyah, kata, frasa, dan kalimat tentang “مدرستى” dengan tanda baca yang tepat
·      Menentukan syakal yang tepat dari kalimat yang disediakan.
6
Mengung-kapkan in-formasi/ gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang “مدرستى “  dengan  menggunakan kata sapaan (إلقاء التحيات), kata ganti tunggal  للمفرد اسم الضمير), kata tunjuk (اسم الإشارة)   dan kata depan   (أدوات الجر) dan kata sifat (النعت) termasuk warna
·      Menentukan  أدوات الجر yang tepat.
·      Menerjemahkan tentang warna dengan tepat
7
Menulis dan meleng-kapi huruf hijaiyah, kata, frasa, dan kalimat tentang بيتى”  dengan tanda baca yang tepat
·      Melengkapi kalimat dengan tepat
8
Menulis paragraf sangat sederhana tentang بيتى dengan menggunakan kalimat berstruktur مؤخر مبتدأ + مقدم خبر + صفة/نعت
·      Disajikan kata-kata acak,  menyusun kata tersebut menjadi kalimat yang tepat
9
Menulis tentang بيـتى dengan menggunakan media gambar/alat peraga gambar/foto yang dilihat  dengan menggunakan kalimat berstruktur مؤخر مبتدأ + مقدم خبر + صفة/نعت
·      Disajikan gambar,  menentukan kalimat yang sesuai dengan gambar tersebut
10
Mengidentifikasi kata, frasa, atau kalimat sederhana dalam wacana tertulis sederhana tentang أسرتي mengunakan kalimat berstruktur: mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)
·      Menentukan judul yang tepat tentang keluarga
·      Disajikan kalimat,  menentukan status salah satu dari anggota keluarga dengan tepat.
11
Menemu-kan informasi umum dan atau rinci dari wacana tulis sederhana  tentang أسرتي dengan menerapkan kalimat berstruktur mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)
·      Menyebutkan informasi tersirat dari wacana yang disediakan
·      Menentukan padanan kata (sinonim) yang tepat
12
Menulis paragraph sederhana tentang أسرتي dengan menerapkan kalimat berstruktur mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)
·      Melengkapi kalimat rumpang yang disediakan dengan kata yang tepat
13
Menulis cerita sederhana tentang أسرتي yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata, frase dan kalimat dengan menerapkan kalimat berstruktur: mubtada dan khobar (berupa kata kerja / fiil mudhari mufrad)
·      Disajikan gambar tentang kegiatan keluarga,  menentukan fi’il mudhari yang tepat.
14
Mengiden-tifikasi kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana meliputi  bilangan 1 s/d 100

·      Disajikan dialog rumpang, melengkapi dengan kalimat tanya tentang  العنوان
15
Menemu-kan infor-masi umum dan atau rinci dari waca-na tulis sederhana  tentang sebuah lokasi/alamat
·      Menyebutkan nomor rumah dengan bahasa arab
16
Mengiden-tifikasi kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana meliputi  bilangan 1 s/d 100
·      Menerjemahkan nomor telpon ke dalam bahasa arab
17
Menemu-kan infor-masi umum dan atau rinci dari waca-na tulis sederhana  tentang sebuah lokasi/alamat
·      Menentukan jawaban atas pertanyaan أين  dengan tepat
18
Mengidentifikasi kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis tentang kegiatan di sekolah dengan menggunakan kalimat berstruktur jumlah ismiyah (mubtada’+ khabar +maf’ul bih)
·      Menentukan fi’il mudhari dengan tepat
19
Menemu-kan infor-masi umum dan atau rinci dari wacana tulis sederhana  tentang أنشطتي في المدرسة dengan menerapkan kalimat berstruktur: jumlah ismiyah (mubtada’+ khabar +maf’ul bih)
·      Disajikan bacaan,  menjawab sesuai isi jawaban
20
Menulisparagraf sederhana tentang  المدرسة فى أنشطتى  menggunakan struktur kalimat terdiri dari: mubtada’+ khabar+ mafulbih (jumlah ismiyah))
·      Menentukan mubtada” yang tepat dari kalimat yang disediakan
21
Menulis kegiatan siswa disekolah dengan menggunakan struktur kalimat mubtada’+ khabar+ mafulbih (jumlah ismiyah)
·      Menentukan khabar yang tepat dari kalimat yang disediakan
22
Menulis para-graf sederha-na tentang البيت فى أنشطتى dengan menggunakan struktur kalimat terdiri: jumlah fi’liyyah
·      Menentukan fi’il mudhari dalam  jumlah fi’liyyah dengan tepat
23
 menulis kegiatan siswa di madrasah dengan menggunakan struktur kalimat terdiri: jumlah fi’liyyah



·      Disajikan kalimat ismiyyah,  menentukan perubahnnya menjadi kalimat fi’liyyah

24
Mengidentifikasi kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis tentang kegiatan di rumah dengan menggunakan kalimat berstruktur jumlah fi’liyyah
·      Disajikan beberapa kalimat acak  menentukan urutan jadwal kegiatan  di rumah dengan benar
25
Menemukan informasi umum dan atau rinci dari wacana tulis sederhana  tentang البيت فى أنشطتى dengan menerapkan kalimat berstruktur: jumlah fi’liyyah
·      Menentukan terjemahan dengan menggunakan struktur jumlah fi’liyyah
26
Mengidentifikasi kata, frase atau kalimat dalam wacana tertulis tentang hoby dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’il mudhari + masdhar sharih
·      Disajikan paragraph sederhana,  menentukan tema/judul dari paragraph tersebut
27
Menemukan informasi umum atau rinci dari wacana tulis sederhana tentang hiwayah dengan menggunakan fi’il mudhari + mashadar sharih
·      Menentukan jawaban pertanyaan sesuai isi bacaan
28
Menulis paragraf sederhana tentang الهـواية dari beberapa teman sekelasnya
·      Disajikan jawaban tentang hobi, bertanya tentang jenis hobi yang lebih disukai  temannya
29
Menulis beberapa    الهـواية  yang disenangi
·      Melengkapi kalimat rumpang yang disediakan menjadi kalimat sempurna.
30
Mengidentifikasi kata, frase atau kalimat dalam wacana tertulis tentang المهنة dengan menggunakan kalimat berstruktur fiil mudhori’  dan  mashdar muawwal dan kata an, lan, li
·      Disajikan gambar tentang profesi,  menentukan kalimat yang sesuai dengan gambar
31
Menemukan informasi umum dan atau rinci dari wacana tulis sederhana  tentang المهنة dengan menggunakan kalimat berstruktur fiil mudhori’  dan  mashdar muawwal dan kata an, lan, li
·      Disajikan kalimat,  menentukan jenis profesi.
32
Menulis paragraf sederhana tentang jenis-jenis المهنة dengan menggunakan kalimat berstruktur fiil mudhori’  dan  mashdar muawwal dan kata an, lan, li
·      Disajikan kalimat rumpang,  menentukan huruf nasab yang tepat.
33
Menulis profesi anggota keluarga siswa menggunakan kalimat berstruktur  fiil mudhori’  dan  mashdar muawwal dan kata an, lan, li
·      Disajikan kalimat yang mengandung salah satu huruf nasab,    menentukan  harakat yang tepat
·      Disajikan kalimat yang mengandung salah satu huruf nasab,    menentukan  harakat yang tepat
34
Mengidenti-fikasi kata, frase atau kalimat da-lam wacana tertulis sederhana tentang kegiatan keagamaan dengan menggunakan fiil madhi dasar dan  atau kata lam nafi dan laa nahiyah dan struktur jumlah idhofah
·      Disajikan paragraph sederhana,  menentukan antonym (lawan kata) yang tepat.
·      Disajikan paagraf sederhana,  menentukan tema/ judul dari paragraph tersebut
35
Menemukan informasi umum dan atau rinci dari wacana tulis  tentang kegiatan keagamaan  dengan menggunakan fiil madhi (فعل الماضى)  dasar atau kata lam nafi dan laa nahiyah dan sruktur jumlah idhofah
·      Disajikan hari besar islam tertentu,  menentukan tanggal/bulan yang tepat.
·      Disajikan kalimat tentang kegiatan keagamaan di madrasah,  menentukan jabatan panitia tersebut
36
Menulis paragraf sederhana tentang kegiatan keagamaan di daerah-nya masing-masing de-ngan meng-gunakan fiil madhi dan atau kata lam nafi dan laa nahiyah dan struktur jumlah idhafah
·      Disajikan kata-kata acak,  menentukan  kalimat yang tepat tentang kegiatan ke agaman
37
Menulis pengalaman menarik   dalam suatu kegiatan keagamaan di madrasah dengan meng-gunakan fiil madhi
·      Disajikan kalimat rumpang,  melengkapi dengan fi’il madhi yang tepat
·      Disajikan kalimat rumpang  menentukan fail yang sesuai dengan fi’il madhi yang disediakan
38
Menulis paragraf sederhana tentang macam-macam kegiatan keagamaan umat islam



·      Disajikan kalimat acak,  menentukan susunan kalimat yang tepat.
39
Mengidenti-fikasi kata, frase atau kalimat da-lam wacana tertulis sederhana tentang ترويحية رحلة / berwisata)   yang meng-gunakan fiil mujarrod dan mazid, isim mawshul, isim tafdhil dan fiil ta’ajubiyah
·      Disajikan  kalimat tentang berwisata,  menentukan jawaban yang tepat.
40
Menemukan informasi umum atau rinci dari wacana tertulis tentang lingkungan sekitar kita.
·      Disajikan kalimat sederhana tentang lingkungan sekitar,  menentukan salah satu makna kata pada kalimat yang disediakan.
41
Menulis paragraf sederhana tentang lingkungan sekitar kita dengan menggunakan fiil mujarrod dan mazid, isim mawshul, isim tafdhil dan fiil ta’ajubiyah
·      Menentukan isim maushul yang tepat
·      Menentukan isim tafdhil yang tepat
42
Menulis deskriptif tentang pemandang-an alam sekitar dengan bahasa santun dan berpedoman pada pemilihan kata, kefektifan dan keterpaduan kalimat.
·      Disajikan kalimat rumpang pemandangan alam sekitar,  melengkapi dengan kata-kata yang tepat

Semoga bermanfaat sahabat-sahabatku :* 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar